Mengenal Teroris Taliban Pakistan

Tehrik-I-Taliban Pakistan (تحریک طالبان پاکستان /TTP) adalah Gerakan Taliban Pakistan, sebuah Gerakan yang menjadi induk gerakan ekstrimis Islam di Pakistan.

Embrio TTP muncul berawal pada tahun 2002 Pemerintah Pakistan melakukan serangan Militer terhadap kelompok estrimis eks militan perang Afghanistan yang bersembunyi di sekitar lembah Tirah dan lembah Syawl Waziristan.

Pasca serangan itu, kelompok estrimis Islam semakin menaruh kebencian terhadap pemerintah Pakistan, dan kemudian Sebagian besar mereka bersatu membetuk sebuah organisasi yang bertujuan melakukan perlawanan terhadap pemerintah Pakistan.

Pada desember 2007, sekitar 13 kelompok Jihadis Islam Pakistan Bersatu membentuk TTP dibawah komando Baitullah Mehsud. TTP kemudian menjelma menjadi kelompok yang selalu menyebarkan Teror atasnama Agama.

baca juga: https://carubannusantara.or.id/jejak-awal-faham-radikal/

Nama Nama Pemimpin Taliban Pakistan

Kelompok Taliban Pakistan ini memiliki Pemimpin yang mereka sebut sebagi emir yang menjadi simbol perjuangan mereka, nama-nama pemimpin Taliban Pakistan tersebut adalah:

  1. Baitullah Mehsuud  memimpin TTP semenjak 2007 – 2009, ia adalah pria Pakistan kelahiran tahun 1974, ia tewas pada tahun 2009 dalam sebuah serangan misil tantara Amerika.
  2. Hakimullah Mehsud memimpin TTP semenjak 2009 – 2013, lahir di Waziristan Pakistan pada tahun 1978 ada juga yang mengatakan bahwa tahun kelahirannya adalah 1981 ia tewas pada tahun 20013 dalam serangan rudal yang dilakukan oleh tantara Pakistan
  3. Maulana Fazlullah memimpin TTP semenjak 2013 – sekarang.

Hubungan Taliban Pakistan dengan Al Qaeda

Dalam sebuah siarang langsung yang disiarkan oleh Reuters, TTP melalui Komandannya Waliurrahman menjelaskan bahwa demi mengenalkan eksistensi TTP mereka perlu mengenalkan TTP pada dunia luar dan Al-Qaeda dianggapnya memiliki kesamaan Visi dan cita-cita pergerakan Taliban Pakistan yaiut penerapan hukum islam di segala aspek.

Menurtu Rahman Al-Qaeda alqaeda Organisasi tingkat dunia yang cabang cabangnya tersebar di berbagai  negara, seperti negara-negara Arab dan Asia.

Pada dasrnya kelompok Al-Qaeda yang ada di paksitan sebagin besar anggotanya bukan orang Pakistan, melainkan milisi-milisi dari berbagai negara yang turut bergabung dalam perang Afghanistan.

Bergabungnya Taliban Pakistan dengan Al-Qaeda membuat kelompok Teroris ini semakin kuat dan semakin gencar melakukan serangan teror di Pakistan.

Serangkaian Teor yang dilakukan Taliban Pakistan

Semenjak tahun 2007 TTP banyak sekali melakukan teror terhadap pemerintah Pakistan dan Pemerintah Amerika yang merupakan musuh utama mereka dianara teror yang mereka lakukan adalah:

  1. Pembantaain di sebuah sekolah di Peshawar Pakistan yang menwaskan 132 anak sekolah yang merupakan anak-anak dari tantara Pakistan
  2. Teror Hotel Mumbay yang menwaskan 50 orang
  3. Bom Bunuh diri di sebuah Pasar di daerah Kalaya Pakistan pada 23 Nopember 2018 yang menwaskan 36 orang
  4. Bom Lahore yang terjadi pada tanggal 8 Mei 2009 yang menewaskan 9 orang
  5. Bom di Barat Laut Pakistan daerah Khar Khomar pada 8 Juni 2019   yang menewaskan 4 orang Polisi

Ketrlibatan ISIS

Pakistan merupakan negara tempat tumbuh kembangnya kelompok Radikalis dan teroris, tidak heran Ketika kemudian negara tersebut sering di guncang oleh teror bom bunuh diri.

Serangkaian peristiwa bom bunuh diri selalu terkait dengan berbagai kelompok teroris yang ada di sana termasuk salah satunya adalah ISIS.

ISIS sering mengkalim bertangung jawab atas peristiwa bom bunuh diri di Pakistan. Uniknya Ketika ISIS mengkalim sebagai pelaku teror maka TTP mengecam Tindakan teror tersebut, begitupun sebaliknya Ketika TTP melakukan teror maka ISIS berbalik mengecamnya.

Hal ini mengindikasikan bahwa walaupun klaim mereka adalah memperjuangkan Islam, faktanya mereka hanya memanfaatkan Islam untuk tujuan mereka.

diolah Dari berbagai sumber

Avatar
Abdul Hadihttps://carubannusantara.or.id/
Seorang Pelajar, yang selalu berusaha belajar

Artikel Terbaru

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − six =