Profil Al-Muhajiroun

Whatsapp Pinterest LinkedIn Tumblr +

Al-Muhajiroun adalah jaringan jihad salafi militan. Al-Muhajiroun didirikan oleh Omar Bakri Muhammad, pendakwah kelahiran Suriah yang diusir dari negara asalnya pada 1977 karena pandangannya yang menentang Partai Baath serta memiliki misi mendirikan kekhalifahan Islam di negara asalnya. Ia sempat bermukim di Kairo sebelum akhirnya memutuskan untuk menetap di Mkekah, Arab Saudi. Pada 1983 ia melarikan diri ke Inggris yang memberinya perlindungan dan kemudian mendirikan Hizbut Tahrir cabang Inggris. ia juga secara agresif merekrut anak-anak muda Muslim di negara tersebut.

Dalam perjalanannya organisasi tersebut kemudian dibubarkan pada tahun 2004 oleh Menteri Luar Negeri Inggris. Dasar pembubarannya adalah mengacu  pada undang undang Terorisme Act 2000 dan Act 2006.  Omar kemudian tidak diizinkan masuk kembali ke Inggris setelah tahun 2005. Menurut media The Times, larangan ini karena Omar dan organisasinya tersebut telah terkait dengan terorisme internasional. Keberadaan Organisasi ini juga kegiatannya telah ditentang oleh kelompok Muslim Inggris dan  kelompok serupa yang mewakili mayoritas Islam di Inggris.

Di Inggris, Al-Muhajiroun adalah organisasi yang paling terkenal dengan sebutan kelompok radikal. Al-Muhajiroun juga dikenal memiliki agenda kuat untuk menegakan syariat Islam dan mendirikan hukum Allah serta aktif kampanye khilafah islam dimuka bumi ini. Pandangan itu diperkuat oleh statemen juru bicara publiknya Anjem Choudary yang membuat pengakuan bahwa organisasi Al Muhajiroun lebih radikal daripada organisasi induk Hizbut Tahrir.

Perkembangan berikutnya, setelah pelarangan kelompok Al-Muhajiroun  di Inggris, teernyata para pengikutnya masih terus memperjuangkan gerakannya dengan nama yang berbeda. Mereka mulai beralih dengan nama lain selain Al-Muhajiroun: Al Ghurabaa (2004—2006), nama gelap lainnya  (2005—2006), Ahlus Sunnah wal Jamaah (2005—2009),  Islam4UK (2009—2010), Muslim Against Crusades (2010—2011 ) dan  Need4Khilafah. Nama nama ini pada dasarnya serupa dengan misi Al-Muhajiroun yang di dirikan oleh Omar selaku pendirinya.  

Tokoh tokoh berpengaruh Al-Muhajiroun dan Gerakan lainya.

Omar Bakri Fostock atau Omar Bakri Muhammad 1958 (usia 61-62) berasal dari kota Aleppo, Suriah. Karir Pendidikannya mencakup Universitas Al-Azhar, Universitas Umm al-Qura, dan Universitas Islam Madinah. Dikenal sebagai Pendiri Al-Muhajiroun dan Gerakan Persaudaraan Muslim Hizbut Tahrir dan Al-Muhajiroun.

Abu ‘Izz ad-Din alias Trevor Richard Brooks, lahir 18 April 1975 (usia 45) di Hackney, London, Inggris. Ia adalah juru bicara Inggris untuk Al Ghurabaa, sebuah organisasi Muslim Inggris yang dilarang dikarena dianggap memimpin Gerakan terorisme.

Abu Uzair adalah seorang guru Muslim dan aktivis islam di Inggris . Dia menjabat sebagai pemimpin The Saved Sect, Gerakan tersebut bagian dari pada Al Muhajiroun, sebuah organisasi yang dilarang oleh pemerintah Inggris sebagai kelompok teroris . Uzair, sebelumnya menjadi anggota Al-Muhajiroun, ia adalah seorang bernegara Pakistan.

Share.

Leave A Reply

two × 1 =